Membahas Semua Artikel berjudul "Kuliah Om Jas" Part 1

Hallo Semua pengunjung ArcadesIndo Game's!

Pada sore hari ini,saya akan membahas kembali artikel-artikel yang pernah dibuat oleh Om Jasson Prestiliano. Sebelum saya membahas mengenai artikel-artikel tersebut,saya akan memberi tahu kalian bahwa Om Jasson ini adalah pendiri sebuah studio bernama Enthrean Guardian dan artikel yang akan saya bahas ulang terdapat pada Duniaku Network .

Udah deh,langsung aja ke topik pembahasannya :D !


Pembahasan artikel berjudul "AIMA|Pengalaman Bermain Yang Perlu Diperhatikan Perancang Game"

Apa sih AIMA itu?
AIMA adalah sebuah istilah untuk menyebutkan beberapa jenis pengalaman bermain yang telah diteliti dan dikategorisasi.
Lalu,apa sih tujuannya?
Tujuan dari membahas AIMA ini yaitu adalah mengajak para perancang game berpikir secara lebih analitis terhadap game yang ingin dibuatnya. Dengan mengerti jenis-jenis pengalaman bermain tersebut, setidaknya perancangan game dan pengembangan game akan makin seru karena memasukkan unsur-unsur pengalaman bermain yang biasanya terjadi pada gamer, dan itu semua terangkum di dalam AIMA
Terdapat 4 buah unsur yang terkandung didalam AIMA,yaitu : 
  • Agon
  • Ilink
  • Mimicry
  • Alea
Kita mulai dengan pengertian AGON
        Agon adalah kata Yunani untuk “berjuang dalam sebuah kompetisi”. Di dalam bahasa Inggris ada sebuah kata yang mirip, yaitu “agony“, yang memiliki arti “Perjuangan dengan bersusah payah”.
       AIMA Agon ini bersifat kompetitif, jadi tujuannya adalah untuk mengalahkan lawan main kita. Seringkali di dalam jenis ini dibutuhkan keahlian, ketangkasan sampai kepada strategi yang tepat untuk dapat memenangkan permainan. Lawan tersebut bisa manusia, atau di dalam game komputer bisa saja berupa AI (Artificial Intelligence) yang ditanamkan di dalam objek musuh.
Contoh genre game yang memiliki AIMA Agon diantaranya Sport Game, Real Time Strategy Game, Turn Based Strategy Game, First Person Shooting, Action Game, Fighting Game, Racing Game dan masih banyak lagi, yang penting tujuannya adalah mengalahkan lawan.

Ilink
Ilinx adalah kata Yunani untuk “pusing” atau “tidak memiliki arah”.
Menciptakan disorientasi atau sesuatu di luar sistem. Pada AIMA ini, kemenangan tidak ditentukan dari suatu aturan tertentu, tetapi dari subyektivitas yang melihat atau dari trend masyarakat. Jadi, seseorang yang menang saat ini, dengan hasil yang sama belum tentu bisa menang lain waktu.
Sering kita temui pada game online, pada saat trendnya adalah memiliki sistem peperangan antar grup, maka grup yang paling banyak mengalahkan grup lain akan memiliki kemungkinan menang paling besar.

Mimicry
Mimicry berasal dari bahasa Inggris yang berarti peniruan. Mimicry dapat juga berarti memerankan sesuatu di luar dari sifat aslinya. Di dalam game, mimicry memiliki asumsi yaitu seseorang yang memerankan orang yang lain dari dirinya, dalam hal ini karakter di dalam game, bisa memerankan satu peranan maupun lebih dari satu peranan sesuai skenario yang telah dibuat.
Tujuan dari AIMA yang satu ini adalah menyelesaikan tugas orang yang diperankannya. Jadi pemain yang memerankan karakter game tersebut biasanya berpikir untuk mengambil jalur yang mana, memilih senjata yang dipakai bahkan sampai memihak kubu yang mana.
Contoh yang paling terlihat dari jenis pengalaman ini ada pada Role Playing Game dan Adventure Game. Kadangkala beberapa genre lain juga memasukkan unsur mimicry ini agar game tersebut lebih kaya dan berbobot.

Alea
Alea adalah Kata latin untuk “dadu”. Jadi pengalaman bermain jenis ini adalah kompetisi yang berdasarkan kesempatan atau keberuntungan.
Tujuan dari AIMA yang satu ini adalah menjadi beruntung. Alea lebih banyak ditentukan oleh “nasib” atau “dewi fortuna”. Game dengan AIMA Alea ini sangat menggantungkan diri pada “nasib”.
Biasanya unsur ini digabungkan dengan Agon supaya tidak terlalu bergantung pada “nasib”, seperti pada Trading Card Game atau Battle Card Game seperti Yu Gi Oh!, Duel Master, Magic The Gathering, dan masih banyak lagi. 

Berikut terdapat tabel yang sudah dibuat oleh Om Jasson.

Tabel Genre Game dengan Jenis Pengalaman Bermain yang Dominan


Paidea (bebas, terimprovisasi) Ludus (terstruktur)
Agon Fighting Game, Turn Based/ Real Time Strategy Game Sport Game, Catur
Ilinx Menari, Finger Painting Selancar Air, Ski, Lompat Indah
Mimicry Role Playing Game Adventure Game
Alea Battle Card Game Card Game, Board Game

Sekian Pembahasan ulang mengenai "AIMA"
Ditunggu pembahasan berikutnyaa yaa..!!

Terimakasih kepada,
Om Jasson Prestiliano yang sudah memberikan ilmu yang sangat berguna bagi para pembuat game.
&
Terimakasih kepada "Duniaku Network"

Dengan latar belakang hobi saya untuk menulis, saya dapat menyumbangkan keahlian saya dalam menulis artikel berupa informasi dan edukasi agar semua orang dapat memahami pentingnya edukasi dan informasi bagi mereka. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
Anonim
30 Juli 2014 16.38 delete

keren gan artikelnya!

Reply
avatar

Jika ada gambar yang tidak muncul ataupun ada update terbaru mengenai game yang bersangkutan, silahkan beritahu kami melalui email arcadesindo@gmail.com, ataupun melalui kolom komentar. Terima kasih banyak :)