Membahas Semua Artikel berjudul "Kuliah Om Jas" Part 2

Hallo Semua pengunjung ArcadesIndo Game's !
Kini saya akan membahas kembali sebuah artikel yang dibuat oleh Om Jasson Prestiliano.
Ini adalah artikel ke-2 yang saya bahas,jika ingin melihat artikel ke-1 silahkan klik link berikut :
http://www.arcadesindo.com/2014/07/membahas-semua-artikel-berjudul-kuliah.html


langsung dibahas deh..


Pembahasan artikel berjudul "Jenis-Jenis Musik dalam Game"
Musik memang tidak bisa lepas dari hidup kita. Begitu pula dengan game. Pernah dengar musik-musik yang mengiringi game? Bagus-bagus kan? Dan setiap musik memiliki ciri khas masing-masing, jadi kalau kita dengar musiknya, kita bisa teringat sedang memainkan game apa. Musik di dalam game itu akan memperkaya game baik dari sisi emosional maupun membuat game itu sendiri lebih mudah diingat atau memorable.

Terdapat 4 jenis musik yaitu :
  • In-game music (background tracks)
  • Intros/outros/cutscenes
  • Menu/interface 
  • Jingle
In-game Music (Background Tracks)
In-game music yaitu musik game yang bisa kita dengarkan dalam level atau area dalam game.

Pada bagian ini,Om Jasson memberikan beberapa tips dalam menentukan/membuat sebuah In-game music atau yang lebih dikenal dengan Background Tracks.
Tips 1 : Perkirakan berapa lama pemain akan menghabiskan waktu dalam sebuah level/area. Hal ini menentukan panjang musik game yang akan kita buat. Umumnya Om Jas sarankan musik game itu sepanjang 2-3 menit yang dapat berulang (loopable), namun bisa juga satu menitan atau bahkan kurang untuk game casual yang perlu size kecil.
Tips 2 : Bisa saja kita menyediakan musik game yang berbeda tiap level, tetapi ingat, itu tergantung kebutuhan, ukuran dan sistem dari game itu sendiri. kalaupun mau buat musik game yang sama, buat beberapa remix dan variasi agar tidak terdengar membosankan. Atau bisa juga tiap 2-3 level, musik game yang sama muncul kembali (pada game ber-stage atau ganti level), atau ada beberapa dungeon yang punya musik sama (misal pada game semacam RPG)
Tips 3: Jangan buat gamer lelah atau terpecah konsentrasinya dengan musik game yang membutuhkan terlalu banyak perhatian, ingat musik in-game berperan sebagai pengiring game, misalnya musik yg terlalu rumit melodinya, bisa sangat mengganggu bila pemain harus menghabiskan waktu berjam-jam dalam 1 level.
Sekian Tips-Tips yang diberikan oleh Om Jasson :D
Next,kita akan lanjut ke jenis musik yang ke-2 

Intros/Outros/Cutscenes
Intros/Outros/Cutscenes adalah musik game yang memiliki panjang tetap dan disesuaikan dengan scene-scene tertentu pada game. Membuat musik game semacam ini gampang-gampang susah, karena kita harus berulang-ulang menyesuaikan scene dengan musik yang sedang kita bangun,dan scene ini harus jadi terlebih dahulu sebelum kita membuat musiknya.
Ada kalanya, musik game semacam ini harus dinamis dan waktunya tidak tetap. Tak perlu khawatir, gunakan musik bertipe ambience yang bisa di-loop.

Menu dan Interface
Usahakan untuk tidak membuat pemain lelah mendengarkan musik game menu atau interface ini, namun pada bagian inilah theme music dari game bisa disisipkan. Jangan takut untuk membuat musik yang sama sekali berbeda dengan tipe musik pada in-game maupun scene. Dan pada musik menu ini juga bisa jadi kunci dari game tersebut untuk di ingat misalnya pada game Harvest Moon.

Jingle
Jingle adalah musik pendek yang to the point menyatakan hal-hal khusus yang terjadi pada game. Jingle digunakan untuk menotifikasi pemain tentang apa yang terjadi pada karakternya dalam game, bisa kemenangan, kekalahan, naik level, dan lain sebagainya. 
Tingkat kesulitan pembuatan jingle ini cukup tinggi karena memang harus memorable dan tepat, bahkan harus bisa membaur dengan in-game music atau menu/interface.

Sekian Pembahasan ulang mengenai "Jenis-Jenis Musik"
Ditunggu pembahasan berikutnyaa yaa..!!

Terimakasih kepada,
Om Jasson Prestiliano yang sudah memberikan ilmu yang sangat berguna bagi para pembuat game.
&
Terimakasih kepada "Duniaku Network"

Dengan latar belakang hobi saya untuk menulis, saya dapat menyumbangkan keahlian saya dalam menulis artikel berupa informasi dan edukasi agar semua orang dapat memahami pentingnya edukasi dan informasi bagi mereka. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika ada gambar yang tidak muncul ataupun ada update terbaru mengenai game yang bersangkutan, silahkan beritahu kami melalui email arcadesindo@gmail.com, ataupun melalui kolom komentar. Terima kasih banyak :)