Tutorial Construct 2 : Membuat Touchpad / Kursor

Halo sobat semuanya!
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat sebuah Touchpad / semacam kursor.

Tutorial ini sebenarnya dibuat oleh Xenovia pada tanggal 19 Juli 2014. Tapi saya akan menjelaskan lebih rinci dalam Bahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti.

Baiklah,yang kalian butuhkan sebelum melakukan hal yang lebih dalam lagi yaitu :
- Sebuah Projek/Lembar baru
- Sebuah Sprite Pemain (beri nama "Player")
- Sebuah Sprite Pad berbentuk lingkaran (beri nama "Pad")
- Sebuah Objek Touch
- Sebuah Sprite berbentuk persegi panjang (beri nama "compass")
- Sebuah Sprite Pad berbentuk lingkaran (beri nama "BigPad")
Sumber : Dokumen Penerbit

Jika sudah siap semua,kita akan mulai dari pengaturan Sprite Pemain (Player)
- Klik objek player
- Tambahkan Behavior "8 Directions"
Sumber : Dokumen Penerbit
- Lalu atur :
  • Max Speed : 200*
  • Acceleration : 600*
  • Deceleration : 500*
  • Directions : 8 directions*
  • Set Angle : 360 degree*
  • Default control : Yes*
  • Initial state : Enabled
Sumber : Dokumen Penerbit
 - Susun semuanya sesuai yang kamu inginkan. Dan jangan lupa,compass nya di invisible kan,agar tidak terlihat.
Sumber : Dokumen Penerbit
- Atur Letak posisi Pad dan Compass menjadi : X = 119 , Y = 367 (jika ingin mengubah letak juga tidak apa-apa)
Sumber : Dokumen Penerbit
- Berikutnya,pada Event Sheet, tambahkan event Every Tick > add action >> pilih compass > lalu set angle Toward position dan isikan X = pad.x , Y = pad.Y
Sumber : Dokumen Penerbit
 - Berikutnya, Add Event > Pilih Compass > Is Between Angles > First Angle : 350 , Second Angle : 10
Sumber : Dokumen Penerbit
- klik kanan pada event compass > tekan C / add > add another Condition.
Sumber : Dokumen Penerbit
 - Lalu, pilih Pad > Compare X > Comparison : # Not Equal to , X co-ordinate : 119
Sumber : Dokumen Penerbit
- Next, add action > pilih player > simulate control > pilih Right/kanan.
Sumber : Dokumen Penerbit
- Agar lebih terbiasa,lakukan hal tersebut kembali hingga seperti ini. Jika mau lebih gampang,tinggal gunakan Copy+Paste aja,lalu diedit.
Sumber : Dokumen Penerbit
- Berikutnya,Add Event > Touch > On any touch end > add action > Pad > set position > X = 119 , Y = 367 (Jika kalian menggunakan posisi yang berbeda dengan tutorial yang saya ajarkan,silahkan masukan X dan Y posisi objek tersebut)
Sumber : Dokumen Penerbit
Berikutnya, add event > Touch > Is Touching Object > pilih BigPad > add action > pilih Pad > Set Position > X = touch.X , Y = touch.Y
Sumber : Dokumen Penerbit
Akhirnya.. Selesai juga deh :D

Terimakasih buat yang sudah membaca artikel tutorial ini.
Jika perlu bantuan bisa menghubungi 0853-6647-1498 / arcadesindo@gmail.com
For English Users you can read it on this link

Download Example Capx File => Klik disini

Tutorial ini dibuat oleh Xenovia dalam Bahasa Inggris,diterjemahkan dan dijelaskan kembali dalam Bahasa Indonesia oleh Daniel William

Dengan latar belakang hobi saya untuk menulis, saya dapat menyumbangkan keahlian saya dalam menulis artikel berupa informasi dan edukasi agar semua orang dapat memahami pentingnya edukasi dan informasi bagi mereka. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
10 Desember 2015 07.08 delete

gan biar touchpadnya ngikutin kamera saat pemain jalan agak jauh dari layout itu gimana yah?

Reply
avatar

Jika ada gambar yang tidak muncul ataupun ada update terbaru mengenai game yang bersangkutan, silahkan beritahu kami melalui email arcadesindo@gmail.com, ataupun melalui kolom komentar. Terima kasih banyak :)