Membahas Semua Artikel berjudul "Kuliah Om Jas" Part 3

Hallo Semua pengunjung ArcadesIndo Game's !
Kini saya akan membahas kembali sebuah artikel yang dibuat oleh Om Jasson Prestiliano.
Ini adalah artikel ke-3 yang saya bahas,jika ingin melihat artikel ke-1 dan ke-2 silahkan klik link berikut :
http://www.arcadesindo.com/2014/07/membahas-semua-artikel-berjudul-kuliah.html (Part 1 ~ Apa sih AIMA ?)

Baiklah,pada artikel kali ini,saya akan membahas 


Antarmuka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Dengan kata lain, antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Dalam konteks game berarti komponen yang menghubungkan antara gamer dan sistem game di dalamnya.
Antarmuka bisa berupa icon, gambar ataupun tulisan yang menjelaskan tentang apa yang terjadi dalam game, misalnya jumlah life point, jumlah nyawa, score, atau action-action yang bisa dipilih.

Apa sih tujuan pengembang game membuat antarmuka?
Interaksi 
Antarmuka memungkinkan pemain berinteraksi dengan game. Jadi sifat antarmuka itu menerjemahkan data di antara logika game dengan pemain. Tanpa antarmuka pemain tidak tahu apa yang harus dilakukannya.

Informasi
Antarmuka menampilkan informasi tentang setting, karakter, objek dan event dalam game. Informasi ini memungkinkan pemain untuk mengambil sebuah keputusan.

Ciri Khas Visual
Sumber : Duniaku.net
Seringkali antarmuka bahkan menjadi ciri khas visual pada game tertentu, coba lihat game Diablo 2 yang terkenal dengan Health bentuk lingkaran merah dan Mana bentuk lingkaran biru. Hal ini dapat membuat pemain mengingat ciri khas pada suatu game.

Nah,ada beberapa Tips yang diberikan oleh Om Jasson dalam membuat antarmuka game yang menarik nih!
1. Kesederhanaan
Buat sebuah antarmuka yang mudah dimengerti dan tidak membutuhkan terlalu banyak manual. Informasi harus diakses dan direspon tanpa banyak langkah-langkah penengah, perintah atau banyak penekanan tombol. Informasi di layar adalah informasi yang dibutuhkan oleh pemain, informasi lain dapat muncul ketika pemain menginginkannya. Pemain jangan sampai kesulitan untuk mengerti penggunaan keyboard, mouse, joystick, dsb untuk memainkan game tersebut.
2. Konsistensi
Pemain harus dapat melakukan hal yang sama di manapun dalam game. Untuk menemukan informasi vital di tempat yang sama kapan pun. Menggunakan logika dalam layout memungkinkan pemain untuk mengantisipasi di mana informasi dapat ditemukan dan bagaimana perintah dapat dieksekusi dalam bagian yang berbeda pada game. Jadi jangan sampai pada saat tertentu sebuah bar melambangkan life point, di waktu lain dia melambangkan magic point, padahal tempat dan warnanya sama.
3. Buat Pemain Mengingat
Ibaratnya sebuah novel dengan ilustrasi yang menarik, sebaiknya game juga memiliki antarmuka yang unik dan menarik sehingga dapat membuat pemain selalu teringat akan antarmuka yang dilihatnya. Coba lihat dan analisis antarmuka menu game Eternal Grace yang pernah Om Jas buat.
Hal-hal yang perlu kita ingat saat akan mendesain sebuah antarmuka game yaitu, sering-sering buat mockup. Dengan mockup kita memiliki banyak kemungkinan yang akan jadi inspirasi kita ke depannya. Jangan lupa juga untuk menentukan warna game kita sebelum membuat antarmuka. Warna adalah bagian yang sangat penting dalam sebuah antarmuka.
* Mockup adalah representasi fisik dari sebuah ide (bagian dari solusi yang diinginkan) yang digunakan untuk menguji / memprediksi kelayakannya.
4. Selain itu, teruslah mengeksplorasi game-game yang sudah terkenal dan sudah ada dengan antarmuka yang unik. Buat Daftar – Duduk dan mulai menulis ide-ide kita ketika kita sudah mengekspresikan diri. Mungkin saja ide bagus kita belum cocok di suatu game, namun bisa cocok di game lain. Cari dan Download banyak image dari Internet untuk mendapatkan sesuatu yang bisa menjadi inspirasi bagi desain kita.
5. Satu hal yang selalu harus kita ingat, Jangan Terlalu Tertutup Dengan Idemu Sendiri! Sebuah kesalahan besar pada banyak perancang adalah mereka terlalu tertutup dengan ide mereka sendiri dan tidak mengerti trend pasar. Kadangkala apa yang diinginkan produser bisa mengubah total desain antarmuka, komunikasikan hal ini dengan baik sebelum desain kita terbuang sia-sia.

Nih quote yang perlu diingat :
Bila Pemain dapat memainkan game dengan mudah tanpa bolak-balik melihat fungsi antarmuka, maka antarmuka Anda Sukses. Bila pemain bolak-balik melihat antarmuka dan harus berjuang untuk mengerti, maka Anda Gagal.

Sekian Pembahasan ulang mengenai "Apa Pentingnya Antarmuka dalam Game ? "
Ditunggu pembahasan berikutnyaa yaa..!!

Terimakasih kepada,
Om Jasson Prestiliano yang sudah memberikan ilmu yang sangat berguna bagi para pembuat game.
&
Terimakasih kepada "Duniaku Network"

Dengan latar belakang hobi saya untuk menulis, saya dapat menyumbangkan keahlian saya dalam menulis artikel berupa informasi dan edukasi agar semua orang dapat memahami pentingnya edukasi dan informasi bagi mereka. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika ada gambar yang tidak muncul ataupun ada update terbaru mengenai game yang bersangkutan, silahkan beritahu kami melalui email arcadesindo@gmail.com, ataupun melalui kolom komentar. Terima kasih banyak :)