Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Membuat Game - Gamedevid.org FB Group

Halo semua pengunjung ArcadesIndo Games!
Pada topik kali ini, saya akan memberikan informasi yang sudah saya kumpulkan dari jawaban-jawaban para master di Gamedevid.org FB Group mengenai "Hal apa yang harus dilakukan sebelum membuat sebuah Game".

Banyak sekali pendapat - pendapat para master mengenai pertanyaan pada topik kali ini, kita akan mulai pada tahap pertama yang harus dilakukan sebelum kalian membuat sebuah game.
Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum anda membuat game ialah " Ide, Konsep, Riset, dan melihat kemampuan anda sendiri "
=> Pada tahap ini, anda harus terlebih dahulu memikirkan ide game yang ingin dibuat(Traning Dwi Wahyu Purwadi), konsep game yang ingin dibuat (Squeka Artika), Melihat kemampuan yang anda miliki (Punto Damar P), serta mencoba untuk memainkan sebuah game maupun melihat konsep gameplay di Youtube atau media sosial video lainnya agar mendapatkan pencerahan mengenai ide game seperti apa yang anda inginkan (Gusti Putu Aditya P).

Selanjutnya, Tahap kedua yang harus dilakukan sebelum anda membuat game ialah " Membuat Dokumentasi / Game Design Document "
=> Pada tahap ini, tidak terlalu berbeda dengan tahap pertama, anda harus membuat Dokumentasi atau GDD (Game Design Document) (Khrisna Suryapranata) mengenai game yang ingin anda buat sesuai dengan Ide yang telah anda dapatkan pada tahap pertama, seperti game scope, gameplay mechanics, screen flow, rough game data, art style, storyline, game engine yang digunakan, document size, concept sketch, dan lain-lain (Rudy Sumarso).

Setelah menyelesaikan tahap kedua, yang harus kalian lakukan berikutnya ialah " Membuat Prototype "
=> Pada tahap ini, anda membuat sebuah game yang masih belum jadi (Masih programmer's art / nyomot, yang kalo dibuang/di-shelf ga nyesek, basic gameplay sama feelnya udah ada (Fandry Iy)). Tapi jika prototype yang anda buat tersebut tidak sesuai dengan keinginan atau rencana anda dalam membuat game, maka sebaiknya bagi anda untuk kembali ke tahap kedua.(Kennard Wicoady)

Berikutnya, jika Prototype yang barusan kalian buat itu tidak ada permasalahan, maka akan berlanjut ke " Balancing "
=> Pada tahap ini, agak sedikit sulit, seperti yang dikatakan oleh Chris Aridita (tahap paling sulit, menentukan experience player, tingkat kesusahan, kalo ada AI (sifat2nya apa, kalo multiplayer, skill2nya dan flownya harus di atur biar ga Imbalance.))

Selanjutnya, jika ke-empat tahap tersebut telah selesai, maka akan berlanjut ke " Polishing & Bug fix "
=> Pada tahap ini, yang harus anda lakukan ialah mengasah kembali Protoype yang sudah dibuat agar menjadi lebih baik lagi dan memperbaiki Bug / permasalahan yang ada pada Prototype yang anda buat tadi.

Sebelum menuju ke tahap terakhir, tahap yang harus dilakukan ialah " QA & QC "
=> Apa itu QA? QA merupakan singkatan dari Quality  Assurance, lalu, apa itu QC? QC merupakan Quality Control. Apakah QA & QC termasuk kedalam Polishing? nih jawaban Aditya Sumantri
no QA AC is in the different thing IMHO ya,polishing itu pilihan. tergantung seberapa game dev pengen improve lagi QC/QA lebih ke arah apa yang wajib di produknya untuk mencapai kualitas 100 persen, polishing like to add more percentage into the whole 100%, itu si gw ya :)
Lalu ada tanggapan lagi nih dari om Bawenang Rukmoko Pardian Putra tentang QA & QC
QA/QC itu contohnya seperti memperbaiki algoritma pathfinding yang jelek, menambah frame rate, bug hunting, dll.
dan inilah tahap yang terakhir dan ditunggu-tunggu, yakni " Publish "
=> Tahap dimana sebuah game yang telah benar-benar selesai dan telah siap untuk dimainkan oleh publik/semua orang.

Selesai sudah pembahasan mengenai hal yang harus dilakukan sebelum membuat game bersama para master-master yang ada di GameDevID.org
Semoga informasi ini dapat berguna bagi developer game yang ada di Indonesia :)
Terima kasih kepada para master yang telah menjawab pertanyaan pada topik kali ini.

Dengan latar belakang hobi saya untuk menulis, saya dapat menyumbangkan keahlian saya dalam menulis artikel berupa informasi dan edukasi agar semua orang dapat memahami pentingnya edukasi dan informasi bagi mereka. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
1 Desember 2014 20.00 delete

min, bisa kasih contoh yg Game Design Document gak?

Reply
avatar
2 Desember 2014 16.53 delete

template (yang ini game secara umum)
http://www-personal.engin.umd.umich.edu/~bmaxim/cis488/BaldwinGameDesignDocumentTemplate.doc

template desain level
http://www-personal.engin.umd.umich.edu/~bmaxim/cis487/LevelDesignTemplate.doc

GDD dragon quest nya nasgor
http://www.scribd.com/doc/47698659

update GDD dragon quest
http://www.maknyos.com/k8u8jsdm0uts/DRAGON_QUEST_GDD-maknyos.com.doc.html

sumber : http://www.rpgmakerid.com/t3204-game-design-document

Reply
avatar
3 Desember 2014 07.39 delete

thanks info nya :)
ane lagi belajar buat game, belajarar pake unity

Reply
avatar
3 Desember 2014 07.44 delete

yah, GDD dragon quest nya sudah dihapus

Reply
avatar
3 Desember 2014 18.00 delete

sama-sama gan,
Semoga sukses yaa buat gamenya :)

Reply
avatar

Jika ada gambar yang tidak muncul ataupun ada update terbaru mengenai game yang bersangkutan, silahkan beritahu kami melalui email arcadesindo@gmail.com, ataupun melalui kolom komentar. Terima kasih banyak :)