Apakah C2 Free Edition Dapat Membuat Game Android?

Halo semua pengunjung ArcadesIndo Games!
Bagi anda yang menggunakan aplikasi Construct 2 Free Edition, kini saya akan membahas mengenai "Apakah C2 Free Edition Dapat Membuat Game Android?"
Banyak sekali yang menanyakan tentang Export to Android menggunakan C2 Free Edition yang memang dari semestinya, C2 Free Edition tidak dapat mengekspor game HTML5 menjadi Android. Untuk mengekspor game HTML5 menjadi Android, para pengguna C2 harus memiliki Personal License yang harganya cukup tinggi, terutama bagi para mahasiswa maupun mahasiswi. Sebelumnya, saya ingin menjelaskan, bahwa menurut saya, C2 Free Edition dapat mengekspor game HTML5 menjadi Android tanpa harus memiliki Personal License, apakah itu benar atau tidak? yuk mari simak penjelasan berikut ini!

Sebelum memulai dan mengikuti penjelasan berikut ini, ada beberapa hal yang harus dipenuhi : 
- Memiliki Dreamweaver atau minimal harus ada Notepad
- Construct 2 Free Edition r195+
- Intel XDK
Berikut perbedaan antara hasil export HTML5 dan Android Cordova dengan project yang sama
Seperti pada gambar diatas, pada folder HTML5, terdapat beberapa file yang akan kita hapus, ubah dan tambah yaitu : index.htmlapp.manifest, offline.appcache dan config.xml.
Mari kita mulai langkah-langkahnya.
- Export terlebih dahulu project yang anda ingin buat menjadi Android ke HTML5.
- Lalu buka file index.html menggunakan Dreamweaver atau Notepad.
- Hapus kode berikut ini (yang diberi warna biru) sesuai dengan yang ada di gambar
- Selanjutnya, tambahkan kode <script src="cordova.js"></script> tepat dibawah <script src="jquery-2.1.1.min.js"></script>
- Terakhir, ganti script (yang diblok) dengan script berikut ini : 
<script>
jQuery(window).resize(function() {
cr_sizeCanvas(jQuery(window).width(), jQuery(window).height());
});
document.addEventListener("deviceready", function ()
{
window["c2iscordova"] = true;
// Create new runtime using the c2canvas
cr_createRuntime("c2canvas");
document.addEventListener("pause", function() {
cr_setSuspended(true);
}, false);
document.addEventListener("resume", function() {
cr_setSuspended(false);
}, false);
}, false);
    </script>
- Selesai sudah perubahan pada index.html , silahkan di save dengan menekan CTRL+S

Tahap kedua, kita akan menghapus 2 file yang tidak digunakan yaitu : 
- app.manifest 
- offline.appcache
Tahap terakhir, buat file baru menggunakan Dreamweaver atau Notepad lalu copy script berikut ini.
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<widget xmlns="http://www.w3.org/ns/widgets" xmlns:gap="http://phonegap.com/ns/1.0" id="com.daniel.test" version="1.0">
<!-- Ubah id diatas sesuai dengan id aplikasi anda -->
<!-- Ubah version diatas sesuai dengan versi aplikasi anda -->
<name>test</name>
<!-- script diatas menandakan judul game anda -->
<description>test</description>
<!-- script diatas menandakan deskripsi game anda -->
<author href="http://test.com" email="test">test</author>
<!-- script diatas menandakan informasi tentang website, email, dan nama pembuat -->
<icon src="icon-128.png" width="128" height="128" />
<icon src="icon-256.png" width="256" height="256" gap:role="default" />

<preference name="permissions" value="none"/>
<preference name="android-targetSdkVersion" value="21" />

<feature name="http://api.phonegap.com/1.0/network"/>
<gap:plugin name="org.apache.cordova.media" />

<preference name="orientation" value="default" />
<preference name="fullscreen" value="true" />
<gap:config-file platform="ios" parent="UIStatusBarHidden"><true/></gap:config-file>
<gap:config-file platform="ios" parent="UIViewControllerBasedStatusBarAppearance"><false/></gap:config-file>

<preference name="deployment-target" value="8.0" />
<preference name="android-minSdkVersion" value="14" />
<preference name="target-device" value="universal" /> 

<!-- Optional splash screen image, e.g.: -->
<!-- <gap:splash src="splash.png" width="1024" height="768" /> -->

</widget>

- Selesai sudah, lalu save dengan nama file config.xml pada folder projek HTML5 anda tadi.

* Tahap selanjutnya dapat dilakukan sendiri menggunakan Intel XDK [Lihat tutorial videonya]
* Semua pengaturan yang ada pada tahap pembuatan config.xml nantinya dapat diubah di pengaturan Intel XDK, Scirra hanya membuat file ini agar developer menjadi lebih mudah saat menggunakan Intel XDK.

Sekian tutorial dan penjelasan yang saya berikan, semoga tutorial dan penjelasan ini dapat bermanfaat bagi semuanya, dan jangan lupa, sebaiknya beli lisensi C2 setelah uang hasil pembuatan game android ini terkumpul.

Daniel William

Dengan latar belakang hobi saya untuk menulis, saya dapat menyumbangkan keahlian saya dalam menulis artikel berupa informasi dan edukasi agar semua orang dapat memahami pentingnya edukasi dan informasi bagi mereka. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

8 komentar

komentar
Anonim
21 Maret 2015 19.45 delete

Apa ada perbedaan hasil apk nya nanti, antara export pakai licensi dengan export pakai cara diatas??

Reply
avatar
22 Maret 2015 07.35 delete

hasil ketika menjadi .apk blum sya coba, mungkin agan bisa coba sendiri nantinya.

Reply
avatar
Anonim
22 Maret 2015 11.21 delete

:-s jadi ragu mau coba,, :)

Reply
avatar
30 Maret 2015 18.54 delete

yang teks warna merah itu boleh diganti?

Reply
avatar
30 Maret 2015 19.09 delete

http://www.arcadesindo.com/2014/10/tutorial-mengekspor-game-android-CrossWalk-Intel-XDK.html
apakah bisa pake cara ini (export pake XDKnya) ?

Reply
avatar
26 Oktober 2015 09.15 delete

pas udah jadi apk ane coba instal di bluestack ga bs diinstal n ada pemberitahuan Apk Installation failed: INSTALL_PARSE_FAILED_INCONSISTENT_CERTIFICATES itu kenapa ya gan ?

Reply
avatar
26 Oktober 2015 18.02 delete

itu pakai versi Intel XDK brapa ya? dan tutorial ini sudah cukup lama, jadi ada perubahan pada kode-kode html yang digenerate dengan Construct 2, mungkin itu penyebabnya juga.

Reply
avatar

Jika ada gambar yang tidak muncul ataupun ada update terbaru mengenai game yang bersangkutan, silahkan beritahu kami melalui email arcadesindo@gmail.com, ataupun melalui kolom komentar. Terima kasih banyak :)