CONSTRUCT 2 : Cara memasang Admob dan Export melalui Cocoon.io [PART 1]

Halo semua pengunjung ArcadesIndo Games, kembali lagi bersama saya Daniel William, pada kesempatan kali ini saya akan mengajarkan bagaimana sih cara memasang iklan Admob pada Construct 2 yang nantinya akan di export melalui Cocoon.io.
Sebelumnya, kalian harus memiliki plugin Cocoon Ads terlebih dahulu, silahkan unduh dan pasang pluginnya melalui link berikut.
Dokumentasi Penerbit
Langkah pertama setelah memasang plugin Cocoon Ads dan yang lainnya ialah memasukkan objek Cocoon Ads ke project Construct 2 kalian, perlu diingat, jika kalian masih menggunakan plugin CocoonJS, disarankan untuk tidak menggunakannya lagi, karena kini Cocoon.io telah menyediakan plugin baru mereka, yakni Cocoon Ads, Cocoon Canvasplus, Cocoon Facebook, dan plugin resmi Cocoon.io yang lainnya.
Dokumentasi Penerbit
Selanjutnya, masukkan ID Banner dan ID Interstitial iklan Admob kalian ke dalam kotak (ANDROID) yang sudah disediakan dalam kolom Properties Cocoon Ads. Perlu diingat, cek terlebih dahulu ID iklan Admob kalian setelah kalian masukkan, usahakan agar tidak ada spasi ataupun jarak yang dihasilkan oleh ID iklan Admob kalian, karena jika ada spasi sedikit saja, itu akan membuat Banner/Interstitial kalian tidak muncul ketika dipanggil nantinya.
Dokumentasi Penerbit
Langkah berikutnya ialah memasang kondisi dimana Banner dan Interstitial akan dipersiapkan. Taruh kondisi ini tepat di awal sebelum permainan dimulai, mungkin bisa ditaruh di layout Menu Awal atau di layout lainnya, yang penting bagian ini ditaruh di awal sekali sehingga sistem bisa langsung mempersiapkan iklannya sebelum permainan dimulai.
System > On start of layout > Cocoon Ads > Load a banner ad
                                           > Cocoon Ads > Load an interstitial
Dokumentasi Penerbit

Langkah selanjutnya ialah memunculkan Banner Admob ketika selesai dipersiapkan, biasanya membutuhkan 3 - 5 detik atau mungkin lebih untuk proses persiapan (tergantung koneksi si pengguna).
Cocoon Ads > On banner loaded > Cocoon Ads > Show the banner ad                                                                         > Set banner layout
Dokumentasi Penerbit
Untuk Set banner layout, akan ada 3 pilihan yang bisa kalian pilih, saya sarankan untuk memilih antara TOP_CENTER atau BOTTOM_CENTER.
Dokumentasi Penerbit
Selanjutnya, pilih lokasi/layout dimana kondisi pemunculan Interstitial Admob akan dipanggil, sebagai contohnya, saya akan memunculkan Interstitial ini di awal layout Game, maka kondisi yang saya buat seperti ini :
System > On start of layout > Cocoon Ads > Show the interstitial
Dokumentasi Penerbit
Kondisi On start of layout itu sama fungsinya seperti Trigger Once, namun On start of layout lebih ditujukan pada saat awal layout dijalankan, sehingga jika kita menggunakan action Show the interstitial tidak memerlukan tambahan kondisi Trigger Once lagi, kecuali jika kalian ingin menggunakan kondisi Show the interstitial pada kondisi lainnya, sebaiknya menggunakan tambahan kondisi Trigger Once tepat di bawah kondisi yang dipakai, ini merupakan contoh penggunaan kondisi Trigger Once.
Dokumentasi Penerbit
Langkah terakhir ialah memastikan bahwa setelah Interstitial itu muncul, sistem akan mempersiapkan kembali Interstitial yang lainnya, agar ketika dipanggil nanti pasokan iklan Interstitial yang lain siap untuk bertempur.
Cocoon Ads > On interstitial dismissed > Cocoon Ads > Load an interstitial
- or -
Cocoon Ads > On interstitial shown |
Dokumentasi Penerbit
Sekian cara pemasangan iklan Admob menggunakan plugin Cocoon Ads, di tutorial selanjutnya saya akan membahas bagaimana caranya export ke android menggunakan Cocoon.io.

Dengan latar belakang hobi saya untuk menulis, saya dapat menyumbangkan keahlian saya dalam menulis artikel berupa informasi dan edukasi agar semua orang dapat memahami pentingnya edukasi dan informasi bagi mereka. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
24 Oktober 2016 12.53 delete

Mau nanya untuk construct 2 nya bisa pake yg gratisan aja atau harus yg berlisensi?

Reply
avatar
24 Oktober 2016 13.08 delete

Halo mas Yusuf, kalau mengikuti tutorial ini, mas membutuhkan lisensi :)

Reply
avatar
18 Februari 2017 13.14 delete

banner id itu apasih maksudnya mas? biki sendiri atau apa? kasih contoh dong

Reply
avatar
18 Februari 2017 18.54 delete

Mas Alangkah Baiknya jika di sertai Videonya Mas Biar Afdoll

Reply
avatar

Jika ada gambar yang tidak muncul ataupun ada update terbaru mengenai game yang bersangkutan, silahkan beritahu kami melalui email arcadesindo@gmail.com, ataupun melalui kolom komentar. Terima kasih banyak :)